Burkini, Pakaian Renang Yang Penuh Kontroversi

In Android

Burkini menuai kontroversi di Prancis. Kontroversi muncul setelah terungkap adanya anggota polisi di Pantai Nice yang meminta pengunjung pantai untuk membuka burkini yang dikenakannya beredar luas di internet.

Dalam foto-foto yang beredar, terlihat beberapa polisi yang berjaga di pantai menghampiri para perempuan yang mengenakan burkini, seperti yang diberitakan Daily Mail. Bahkan seorang perempuan yang sedang berjemur di pantai mengenakan busana lengan panjang tertutup dengan penutup kepala pun diperintahkan untuk segera membuka pakaiannya.

Nasib yang sama juga harus dialami orang lainnya yang sedang berenang di tepi laut. Para perempuan tersebut jelas-jelas mengenakan burkini ketika berenang. Polisi menghampirinya, menyuruh menepi, dan meminta mereka membuka pakaian. Mereka pun dikenai denda sebesar GBP32 atau sekitar Rp559 ribu.

Pasalnya, mereka yang mengenakan burkini tersebut dianggap telah melanggar peraturan yang ada di Prancis.

Negara yang merupakan pusat mode dunia tersebut memang telah menetapkan aturan pada tahun 2004 yang melarang adanya warga yang mengenakan simbol-simbol agama tertentu di ruang publik. Baik hijab, kalung salib dan sebagainya. Peraturan ini berlaku bagi turis maupun warga lokal.

Lalu sebenarnya, apa itu burkini? Mengapa keberadaannya dilarang sehingga para perempuan yang mengenakannya harus membukanya?

Burkini atau burqini, adalah sebentuk pakaian renang. Burkini biasanya terbuat dari bahan yang melar, persis seperti pakaian renang pada umumnya yang terbuat dari polister, lycra atau nilon. Sama seperti baju renang perempuan pada umumnya, terdapat corak menarik pada burkini.

Ketimbang pakaian renang biasa, burkini bermodel jauh lebih tertutup. Pakaian ini dibuat berlengan dan bercelana panjang. Pakaian atasnya pun dibuat menutupi area pinggul dan bokong dengan sempurna, lengkap dengan penutup kepala berbahan sama. Singkatnya, ketika mengenakan burkini, bagian tubuh yang terlihat hanyalah telapak tangan dan kaki juga wajah. Sepintas, mirip dengan wetsuit, pakaian yang biasa dipakai untuk menyelam di laut.

Setiap ukuran juga dirancang sedemikian rupa sehingga pakaian tak ketat seperti pakaian renang pada umumnya. Di Indonesia pun burkini sudah dapat ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan.

Dinamakan burkini karena merupakan gabungan dari kata burka atau hijab dan bikini, karena pada awalnya sang perancang, Aheda Zanetti menciptakan pakaian ini untuk menolong keponakannya yang kesulitan untuk berolahraga air karena mengenakan hijab.

Burkini memang sangat membantu perempuan yang berhijab, karena lebih memudahkan dalam bergerak dan berolahraga dalam air. Namun pada praktiknya, burkini tak hanya digunakan oleh kaum muslim yang berhijab.

Di Australia para perempuan penjaga pantai mengenakan burkini. Jurnalis asal Inggris, Nigella Lawson juga mengenakan burkini meskipun dalam kesehariannya ia tak berhijab. Hal ini dilakukannya semata-mata untuk melindungi kulit dari sengatan matahari ketika berenang di pantai.

Meskipun demikian Aheda Zanetti juga mengatakan dalam wawancaranya dengan The Guardian, bahwa burkini bukanlah simbol agama Islam atau agama lainnya. Burkini hanyalah symbol dari kebebasan, kegembiraan dan kesehatan.

Kenampakan burkini

A photo posted by Saman (@saman_shad) on Aug 25, 2016 at 3:50am PDT

Nigella Lawson, salah satu pemakai burkini yang tak berhijab

Berita tentang razia para pemakai burkini di Prancis

Tags: #Tips Trik Android

Spesifikasi Andromax B (A26C4H) 4G LTE Dengan Fitur VOWIFI
Spesifikasi Andromax B (A26C4H) 4G LTE Dengan Fitur VOWIFI
Andromax B – A26C4H Androidcustom.com – Setelah vakum
Harga & Spesifikasi Andromax L
Tahun 2017 Smartfren kembali merilis Smartphone 4G
Harga & Spesifikasi Andromax B
Harga & Spesifikasi Andromax B
Setelah vakum beberapa bulan tidak mengeluarkan product

Leave a reply "Burkini, Pakaian Renang Yang Penuh Kontroversi"

Must read×

Top